Tantangan Menjadi Seorang Leksikografer!

kamus-bahasa-512

kamusku

Pada zaman dahulu, saat masih kuliah S2 Linguistik dulu di UGM, mata kuliah leksikografi bukanlah mata kuliah favorit. Bagaimana tidak begitu? Mata kuliah ini membahas bagaimana penyusunan kamus; dari kamus satu bahasa, bilingual, hingga ekabahasa. Meski cuman mendapatkan satu semester, namun cukup banyak ilmu yang bisa saya dapat. Tetapi menurut saya, mata kuliah leksikografi justru linguistik banget. Artinya kita mempelajari satuan-satuan bahasa dari yang sangat terkecil. Belajar sifat-sifat kata. Belajar Fonologi. Belajar proses morfologi. Dan tentu sangat terkait dengan semantik! Apalagi Sintaksis! Ah semua pokoknya hehehe…

Namun ternyata mata kuliah tersebut kini sangat bermanfaat bagiku! Yapz karena sekarang saya berkecimpung di dalam perkamusan Inggris-Indonesia. Agak menantang! Karena kamus yang saya kerjakan berbasis android, windows phone, atau iphone. Namanya “Kamusku”. Meskipun berbentuk dalam aplikasi, saya sangat berhati-hati dalam menyusunya agar sebisa mungkin mengikuti kaidah penyusunan kamus. Saat ini saya sedang menyempurnakan database kamus tersebut. Karena ternyata, database yang lama berasal dari open source. Dan well, you know, lebih tepatnya bukan sekedar menyempurnakan database sih, tetapi membuat desain baru bagaimana Kamusku bisa menjadi bahan referensi; menjadi kamus sekaligus tesaurus. Cita-cita saya sih menjadi kamus rujukan untuk belajar bahasa Inggris.

Beberapa tantangan terbesar di dalam penyusunan kamus salah satunya adalah bagaimana mengalihbahasakan ke bahasa sumber dengan menjaga arti dan kelas katanya sama, misalnya apel adalah kata benda diterjemahkan apple juga sebagai kata benda. Namun banyak pula beberapa kasus, misalnya di dalam bahasa Indonesia kata tertentu kelas katanya adalah kata benda, ternyata jika diterjemahkan ke bahasa Inggris kelas katanya bukanlah kata benda, misal menjadi kata sifat atau kata kerja. Susah kan, kan, kan! Hehehe..

For Your Information, Kamusku yang sedang masih saya kerjakan adalah kamus terbesar jumlah downloadnya. Lebih dari 10 juta; sepuluh juta, WOW! Semoga sih bisa jadi ladang amal ya. Bagi yang mau mendownload silahkan download Kamusku di google play store di sini https://goo.gl/DO0nmP Kalau ada saran atau masukan atau koreksi, boleh banget kirim ke email saya di awankucerah@gmail.com. BTW, terima kasih sudah membaca artikel gak penting ini sampai selesai. Setidaknya kamu jadi tahu orang yang bekerja sebagai penyusun kamus disebut dengan leksikografer hehehe…

Tinggalkan Balasan

