Mbok Yao Shalat Hajat Nang; Ben Dikabulna Gusti Allah

Hidup ini berisi tentang harapan-harapan atau keinginan-keinginan yang kita idamkan. Namun, banyak dari kita yang lupa bahwa agar apa yang menjadi hajat kita atau kebutuhan kita terpenuhi, seharusnya kita menghadirkan Allah ditengah-tengah ikhtiar kita. Tentu saat ini kita memiliki hajat yang ingin segera terpenuhi bukan? dari hasil blogging saya menyimpulkan bagaimana cara shalat hajat berikut ini, mudah-mudahan bermanfaat.

Agar hajat dikabulkan Allah, banyak cara yang dilakukan diantaranya adalah berdoa dan shalat. Shalat Hajat merupakan cara yang lebih spesifik untuk memohon kepada Allah agar dikabulkan segala hajat, karena arti shalat secara bahasa adalah doa. Sebagaiman firman Allah:”Dan mintalah pertolonganlah (kepada Allah) dengan sabar dan shalat” ( Al Baqarah : 45 ).

Shalat hajat tidak mempunyai waktu tertentu, asal pada waktu yang tidak dilarang, misalnya setelah shalat Ashar atau setelah shalat Shubuh.Shalat hajat dilaksanakan dengan Munfarid (tidak berjamaah) minimal dua rokaat dan maksimal duabelas rakaat.Jika dilaksanakan pada malam hari maka setiap dua rakaat sekali salam dan jika dilaksanakan pada siang hari maka boleh empat rakaat dengan sekali salam dan seterusnya.Sabda Nabi saw:”Siapa yang berwudhu dan sempurna wudhunya, kemudian shalat dua rakaat (Shalat Hajat) dan sempurna rakaatnya maka Allah berikan apa yang ia pinta cepat atau lambat” ( HR.Ahmad ).

Niat shalat Hajat didalam hati

“Aku niat shalat sunah hajat karena Allah”

Membaca doa Iftitah

Membaca surat al Fatihah

Membaca salah satu surat didalam al quran.Afadhalnya, rokaat pertama membaca surat al Ikhlas dan rakaat kedua membaca ayat kursi (surat al Baqarah:255).

Ruku’ sambil membaca Tasbih tiga kali

I’tidal sambil membaca bacaannya

Sujud yang pertama sambil membaca Tasbih tiga kali

Duduk antara dua sujud sambil membaca bacaannya.

Sujud yang kedua sambil membaca Tasbih tiga kali.

Setelah rakaat pertama selesai, lakukan rakaat kedua sebagaimana cara diatas, kemudian Tasyahhud akhir setelah selesai maka membaca salam dua kali.Jika dilaksakan empat rakaat dengan satu salam maka setelah dua rakaat langsung berdiri tanpa memakai Tasyahhud awal, kemudian lanjutkan rokaat ke tiga dan ke empat, lalu Tasyhhud akhir setelah selesai membaca salam dua kali.

Setelah selesai shalat Hajat bacalah zikir yang mudah dan berdoa sampaikan hajat yang kita inginkan kemudian mohon petunjuk kepada Allah agar tecapai segala hajatnya.

Demikianlah shalat sunah hajat, jika kita punya hajat, yuk segera kita dirikan shalat sunah ini yang Insya Allah, Allah akan mengabulkannya, SemangKA, Semangat Karena Allah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s