Tes Acept dan Paps UGM? Siapa Takut!

Bukti Perjuangan Saya hehe…

Mentari telah turun ke dalam jurang-jurang kehidupan. Sinarnya telah terbenam dari bukit-bukit tinggi kota lumpia. Bukit-bukit yang setia memagari kota Semarang. Kini panas telah menjadi hangat. Suhu di Villa Dinar Mas sedikit turun melemah. Di atas sana, Kicau burung berterbangan berhamburan menikmati langit yang telanjang tak berawan, cerah tak berkabut sedikitpun. Hanya beberapa burung pipit yang bertengger mesra di atas ranting-ranting kering; kemarau. Sore itu, Semarang menggeliat dalam ketenangan.

Tapi di dalam salah satu rumah itu, terdapat seseorang yang tengah gundah memikirkan masa depanya. Anganya melayang jauh tak terkejar. Membayangkan apa yang akan besok terjadi ketika senja telah terbangun dari tidurnya. Ketika mentari telah siap memanaskan kota perbukitan ini. Seorang lelaki berkaos merah menyala, menggunakan celana kainya yang telah memudar warnanya. Wajahnya sendu, ia adalah aku sendiri, hehehe,,,

Saya sedang tidak ingin membuat cerpen yang hiperbola dan sedikit personifikasi atau bercerita tentang keromantisan, seperti romantisnya malam yang bertaburan bintang. Ada jutaan bintang diatas sana tapi jiwaku terpana menatap satu bintang. Dan akupun menunjukmu. Ku tunjuk satu bintang. Ya kau, kaulah yang ku tunjuk! Hehe,,, Tidak. Saya sedang tidak ingin membuat cerpen yang hiperbola para pembaca yang budiman. Saya mau curhat! Ya curhat! Masih mau membacanya? Kalau masih mau mari kita ganti paragraph dulu. Kalu tidak mau sana facebookan lagi aja hahaナ

Begini ceritanya teman-teman. Al kisah waktu itu hari Kamis, tanggal 24 Mei 2012. Saya pusiiing tujuh keliling lantaran hari itu mau pergi ke Jojga tapi belum punya sangu untuk pulang pergi haha.. padahal tiket travell PP cuman Rp 70.000. Gila aje gwe gak punya uang! Senjata terakhir saya adalah menghubungi adik saya yang kebetulan juga kuliah di UNNES sana, yang jalanya bikin rusak motorku saja hehe.. Alhamdulillah dapet! Saya dipinjemi 150.000 ribu. Lumayanlah buat pulang-pergi plus akomodasi.

Nah langsung deh, pagi di hari Jumat saya check semua keperluan yang sekiranya dibutuhkan selama dua hari di Jogja. Dari kemeja warna putih dan merah, celana kain hitam, dan tak lupa peralatan mandi dan yang terpenting mushaf Al-Quran gak boleh ketinggalan. Serta semua peralatan tulis dan kartu ujian. Oh ya saya lupa belum memberi tahu, saya ke Jogja mau tes Acept (semacam Toefl) dan Paps (semacam TPA) sebagai syarat tes masuk Pascasarjana UGM. Jadi tentunya semua peralatan tes saya siapkan. Dari pensil 2B sebanyak dua buah, penghapus, pengasah pensil, dan kartu tes yang ada fotoku yang paling ganteng hehehe,,

Jumat, 25-05-2012. Jam 09.00 saya meluncur ke travel Iqro manajemen yang terletak di Sukun, Banyumanik. Alhamdulillah masih ada satu kursi kosong untuk beangkat jam 13.00 nanti setelah jumatan, Alhamdulillah! Saya juga masih bisa pesan tiket sekalian untuk tgl 26 Mei 2012. Alhamdulillah masih kosong juga. Oke lanjut.
Setelah Jumatan saya meluncur Ke Jogja. Inilah saatnya untuk istirahat, tidur di dalam mobil! Maklum ngantuk gak tertahan karena malam sebelumnya saya ngumpul dengan bapak-bapak di Poskampling dan biasa pada main kartu Remi sampai jam setengah dua kalau gak salah. Mobil pun berjalan dengan cepat. Semarang-Ungaran-Ambarawa-Temanggung-Magelang-Jogja! Yeah sampai juga di Jogja jam 16.30 Waktu Jogjakarta.

Saya dijemput teman SMA namanya Masruri Abdillah, Alhamdulillah dia masih betah kuliah di S1 pendidikan Teknik Elektro UNY hehe.. intinya sampai malam itu saya bercengkrama denganya dengan cerita masa-masa SMA yang penuh kenangan, penuh kelucuan, dan yang terpenting adalah masa dimana selama tiga tahun kita adalah laki-laki hebat tanpa didampingi wanita-wanita haha…(Jomblo mas bro!) ^_^

Malam hari itu saya belajar lagi tes PAPS, kalau kata orang sih itu seperti tes Potensi Akademik jadi saya belajarnya dari Buku TPA yang juga hasil dari meminjam diperpustakaan UNDIP, itupun saya minta adek kelas saya yang meminjam karena saya dah uzur jdai mahasiswa hehe,,belajarlah saya tentang sinonim, antonym, deret angka, dan yang bikin keringat keluar dari telapak tangan adalah matematika! Hantu paling mengerikan.

Antonym, beresss, sinonim beresss, deret angka mulai pusinngggg, bentuk bangunan tambah mual, dan matematika bikin kepala mau pecah. Oh no! Malam itu saya menghapal lagi rumus-rumus matematika dasar seperti Luas Segitiga, kubus, jajaran genjang. Masih inget gak luas jajar genjang? Lupa kan? Saya sekarang dah ingat loh para pembaca yang unyu-unyu hehe,, :p. Akhirnya saya tidur jam dua belas malam, Zzzz,Zzz, karena saya sudah biasa membolang saat masih kuliah dulu, maka tidur ditempat siapa saja tidak masalah, langsung tidur aja gan :

Alhamdulillah saya dikasih tidur yang berkualitas sama Allah, sebentar tapi kepala tidak pusing dan badan enak-enak saja. Alhamdulillah sesuatu banget ^_^. Pagi itu saya buka-buka lagi materi potensi akademik dari dua buku yang saya bawa dari Semarang.

Tek.tek.tek detik jam berdetak. Jam tujuh saya berangkat ke kampus UGM tepatnya ke Pusat Pelatihan Bahasa. Tetapi sebelumnya saya mencari toko swalayan untuk beli roti dan susu kotak buat sarapan dan makan nanti siang pas jeda. Alhamdulillah dapat setelah muter-muter gak nemu-nemu. Akhirnya nemu toko swalayan di POM BENSIN hehe,,,

Sampailah dikampus UGM yang megah itu, di Pusat Pelatihan Bahasa sudah cukup ramai. Saya masuk ke gedung yang masih asing soalnya saya belum mengecek tempat duduk saya disebelah mana, harusnya satu hari sebelumnya cek lokasi tapi saya abaikan. Ya sudahlah. Saya lihat papan pengumuman, saya cari nama saya, tidak terlalu sulit karena nama saya Aan biasanya absen satu. Betul sekali saya absen pertama yang tertulis di papan tersebut.

Nama Peserta : Aan Setyawan
No Kursi : 13
No Pendaftaran : 12811517 (S2)
Ruang : 214

Akhirnya saya masuk keruangan 214 yang terletak dilantai dua. Masuklah saya ke ruangan itu, upzzz ternyata sepatunya disuruh dilepas. Sama kayak diperaturan dikampus saya di FIB UNDIP, ruang listening sepatu dilepas. Ternyata disini juga sama. Di dalam sudah ada beberapa orang yang sudah duduk manis. Sayapun duduk manis di kursi no 13 dan segera bersiap-siap tak lupa sambil makan bekal tadi.
Inilah yang menegangkan, tes segera dimulai. Alhamdulillah lagi dapat pengawas yang lucu, setidaknya dapat menenangkan pikiran dan tidak tegang.
1
2
3
Segera setelah dijelaskan oleh instruktur dari suara speaker, saya mengerjakan satu-persatu soal. Lembar pertama dan kedua adalah permainan bahasa sinonim dan antonym, nah disini banyak istilah yang sebenarnya mudah kalau kita sering baca buku-buku ilmiah atau kita mengikuti berita-berita. Kalau yang dulu jadi aktivis mahasiswa sering diskusi dengan menggunakan bahasa tinggi, insya Allah mudah untuk mengerjakan soal ini. di sini dibutuhkan kecepatan menjawab. Karena ada 40 soal tetapi dikerjakan hanya dalam waktu 20 menit! Alhamdulillah saya bisa kerjakan semua dengan beberapa kata yang hanya mengira-ngira hehe..

Lembar berikutnya kita akan mendapatkan permainan logika bahasa, misalnya gini Semua murid memakai sepatu hitam, Andi adalah murid. Maka kesimpulanya adalah Andi memakai sepatu hitam. Disini harus teliti karena hampir semua jawaban benar jika logika kita gak jalan. Kalau yang anak Linguistik harusnya bisa mengerjakan soal ini dengan mudah karena diajarkan dalam mata kuliah Semantik. Alhamdulillah soal-soal ini juga terjawab semua walaupun gak tau bener apa gak ehehe.. tapi saya yakin minimal 75 persen benar.

Di lembar berikutnya ada Matematika, Oh My God! Disinilah saya mulai panik dan keringat bercucuran. Tetapi Alhamdulillah ternyata soalnya lebih mudah dari buku TPA yang saya gunakan sebagai latihan. Sebenarnya soalnya sangat sederhana, permainan logika juga sebenranya disini, tetapi dengan syarat harus hapal rumus dasarnya. Misalnya rumus luas segitiga, rumus x>1 dan y<1 nah yang kayak gitu deh, intinya logika kita harus jalan! Alhamdulillah saya selesaikan semua juga. Ada satu soal yang saya udah ketemu jawabanya tapi bel untuk sesi ini selesai karena saya panik asal mbunderin aja pakai pensil eh ternyata salah bunderin, nyesel deh.

Lembar berikutnya belajar deretan angka dan bentuk bangunan. Kalau yang kayak gini Insya Allah mudah aja. Tinggal pinter-pinternya kita bermain visualisasi dan logika kita harus diencerkan. Alhamdulillah pada sesi ini juga terselesaikan dengan baik. Tes pun selesai saya bersyukur bisa mengerjakan maksimal.

Waktunya istirahat, saya ambil roti dan susu di tasku sambil belajar sedikit tentang TOEFL, walaupun saya lulusan sastra inggris tapi tetep aja semua kata yang ada dalam kamus Oxford saya gak hapal hehe,,jadi tetep belajar walaupun sedikit. Bersyukur tadi saya beli bekal buat makan jadi bisa belajar karena peserta yang lain pada keluar meninggalkan ruangan dan segera mencari makanan. Padahal hari sabtu banyak yang tutup. Jadi besok kalau kalian mau tes pastikan siapkan bekal makanan karena mengerjakan tes Paps cukup menghabiskan banyak energy.

Tes Acept dimulai. Ternyata oh ternyata tes Acept hampir mirip dengan tes TOEFL, tapi sedikit lebih sulit. Disini bukan sekedar kemampuan Listening, Reading, dan Grammar tetapi tes ini terdiri dari:
Listening========>>20 soal
Vocabulary —————> (30 soal)
Grammar and Structure —-> (40 soal)
Reading ——————> (40 soal)
Composing Skills ———> (40 soal)

Jadi total ada 170 soal. Listening mirip tapi beda. Disini ada yang hanya satu speaker aja. Jadi jangan nunggu speaker yang lain bicara. Listeningnya sebenarnya kalau saya perhatikan mudah kata-katanya. Tapi yang jadi masalah adalah rekaman yang dibikin dari UGM menurut saya kurang jernih jadi suaranya jadi gak kedengaran gitu lah. Ya paling tidak minimal saya targetkan ada 10 yang benar.

Pada tes Vocab, tidak ada rumus lain selain kita harus sering-sering membaca teks dalam bahasa inggris. Disini kita disuruh mengisi teks yang kosong diisi dengan kata apa, atau pertanyaanya adalah sinonim dari kata tersebut apa. Jadi kita memang harus rajin membaca teks berbahasa Inggris. Dalam soal-soal ini saya menargetkan 15 yang benar.

Tes Grammar bisa dibilang sama dengan yang di TOEFL yaitu error identifikasi, cari yang salah aja. Kalau rajin mengerjakan soal bisa deh saya jamin. Lagi-lagi saya hanya menargetkan 20 harus benar, ya walaupun sepertinya lebih dari angka 20 yang benar.

Nah ini nih yang bikin saya panik. Reading! Walaupun saya sudah terbiasa dengan teks bahasa Inggris tetapi disini dibutuhkan kecepatan membaca yang super cepat. Paragrafnya panjaaaang buanget, sumpah! Padahal dari 40 soal hanya dikerjakan dalam waktu 40 menit. Jadi satu soal satu menit. Untuk membaca teksnya aja minimal sekali ada satu menitan. Jadi di soal-soal ini saat instruktur bilang waktu tinggal 10 menit. Alamak! Saya lihat masih ada 20 soal yang harus saya kerjakan. 20 soal dalam 10 menit! Akhirnya saya tidak membaca teksnya mendalam tapi skimming baca sekilas aja dan isinya apa. Langsung selesaikan soalnya. Alhamdulillah selesai juga 20 soal sisa itu tanpa banyak mengira-ngira. Good job! Jadi kalau mengerjakan reading harus pinter baca teksnya, jangan menikmati isi bacaanya seperti yang saya lakukan. Ya secara karena saya suka membaca jadi lupa kalau saya sedang dikejar waktu.

Nah soal terakhir nih namanya Composing Skill, paling gampang dari yang lain. Disini dibutuhkan kecermatan untuk menentukan sebuah kalimat. Mungkin ini di TOEFL gak ada sama sekali tetapi disini banyak, sampai 40 soal. Contoh soalnya adalah manakah kalimat yang benar?
Susilo who is my father
Susilo whom I meet
Susilo whose the novel I Read
Susilo is my father

Nah jawaban yang benar adalah yang terakhir yaitu Susilo is my father. Karena teks yang lain bukanlah sebuah kalimat tetapi klausa. Ya kurang lebih kebanyakan seperti itu, permainan klausa dan tanda koma. Kalau yang dapat mata kuliah Academic writing saat kuliah Insya Allah bisa mengerjakan, minimal 30 soal benar lah. Saya berasumsi ada 30 soal yang benar. Saya masih inget nih ada satu soal terkhir dalam composing skill ini yang tau jawabanya tetapi waktunya habis dan saya tidak punya kesempatan untuk mengganti. Oh ya dalam tes ini kita harus disiplin saat mengerjakan tes karena selain ada pengawas yang mengawasi ada juga rekaman kamera CCTV.
Selesai sudah deh tesnya dengan lega. Alhamdulillah semua soal saya jawab dengan beberapa yang menembak hehe,,

Nah bagi pembaca yang akan ikut tes ini, tadi adalah bocoran soal tipe-tipe tes PAPS dan ACEPT. Pesan saya adalah:

" Sebelum tes tidur yang nyenyak, jangan sampai pusing karena soal yang dikerjakan banyak sekali dan kita harus fit,
" Saat mau tes siapkan bekal makanan dan minuman yang sehat dan menyegarkan
" Biasakan latihan soal-soal jauh-jauh hari
" Jangan lupa minta doa restu sama bapak dan ibu dirumah
" Berdoa kepada Allah mudah-mudahan diberikan kemudahan dalam mengerjakan tes

Sekarang saya tinggal nunggu pengumuman apakah tes Acept dan Paps gagal atau berhasil. Yang terpenting saya sudah ikhtiar terbaik. Sudah mencurahkan segala semangat saya. Mudah-mudahan ada kabar baik di akhir Juni nanti. Mohon doa dari pembaca sekalian mudah-mudahan berhasil. Aamiin.

95 thoughts on “Tes Acept dan Paps UGM? Siapa Takut!

  1. waaaaaaaaaaahhh…ulasan yang sangat komplet tentang ujian kemarin. HIhiii…sukses dah bikin sabtu malamku tepar coz seharian mantengin si PAPs sama AcEPT. Mudah-mudahan diterima ya! Salam kenal, thanks udah berkunjung ke blogku

      • hahha…iya tuh tapi masih mending PAPs versi UGM daripada TPA yang dari BAPPENAS… susahnya berkali2 lipat dari kemarin mpe kriting otak, hehe..
        Iya saya ambil linguistik, dari sastra inggris yah? q dr PBI,

  2. Saya ikut tgl 30 Juni 2012 untuk kedua tes tersebut. Terima kasih banget buat Bang Aan. Like this.
    Semoga semua pada lulus dan masuk S2 UGM tahun ini juga. Good luck u qt semua.🙂

  3. semoga lolos y Mas..hee
    sy jg rncnany mw dtr pasca ugm..mw tanya it kn ad syrt toefl jg tp kok ad acept jg, nah it mksdny gmn y mas?.ap hrus keduany punya ap gmn?..sr byk tanya y mas hee

    • aamiin, makasih doanya ya,
      kalau udah punya Toefl ITP (yang udah ditentukan lembaga mana saja yang menyelenggaarakan tes tersebut) tidak usah ikut tes Acept, jadi pas daftar cukup dilampirkan saja fotokopi sertifikat Toefl nya.

      • pgumumany kpn emg mas?..ohhh bgonooo sip2. nah klu mslny acept sm TPAny msh dbwh standar gmn mas?,ikt tes lg ap dftar awal lgi?..trs selain it ad tes lain lg g mas?, ,misalny dr fakultas gtu?..mksh infony y mas
        oh y kn sy br wsda sptmbr jd blm dpt ijazah nah pke SKL tok iso ra mas?

      • pengumuman akhir Juni ini, kalau di bawah standar ya ngulang lagi, tes difakultas gak ada, cuman dua itu aja, wisuda september tahun ini?? atau tahun kemarin? boleh pakai SKL kok, kemarin ada yang pakai itu juga. mau ndaftar kapan emang?

  4. waduh brti byar 500rb lg dong klu blm nympe? september besok mas wsudany, rncnany sih mggu2 in tp lg nggu SKLny g kel2..

    • nggak kok, cuman berapa puluh ribu, kalau gak salah.. gak nyampai uang 200 ribu.. mau jalur biaya sendiri atau besasiswa emang? kalau jjalur beasiswa saya saranin, tahun depan aja sekalian, sekarang mending kerja aja dulu hehe..

      • cuman??..hee, ohh brti tgl dftr untk tesny aj gt y mas?.soalx klu d webny kn uang pndftrny yg reguler 500rb.pk yg jlur biasa mas gak beasiswa soalny org tua yg nyuruh hee..brti kita tes trus smpe msuk bisa dong mas??..

      • ya dibanding 500 ribu hehe…wah enak kalau disuruh orang tua, saya juga mau, hehe,, berarti masuk gelombang 3 kalau mau daftar tahun ini? lah mbak Ani dah ndaftar belum? kalau gelombang 2 tgl 30 Juni ini tesnya, gelombang 1 kemarin tanggal 26 Mei, gelombang 3? lihat website ehehe..

  5. iya mas mknnya saya g mau krja dlu tkut beasiswa ortuny dcabut heeehee..
    ohhh bgtu brti bisa ikt smpe 3 gelmbg dong masny?..saya mw dftr tp tkt SKLny blm trun mas, pdhl tgl 21 ini tutup pdftrnny

  6. Assalamu’alaikum,,
    Wahh,kapan ya pengumuman tes Acept n paps…
    Sepertinya dlm minggu ini.,
    Salam kenal semuanya.,smg kita lulus semuanya.

    • Waalaikumsalam, wr, wb,
      iya harusnya minggu ini, sudah tepat 1 bulan karena kemarin tanggal 26 juga ujianya, ditunggu saja, mudah2an ada kabar baik untuk kita semua, aamiin🙂

      • Assalamu’alaikum
        terima kasih informasinya, sangat membantu😀
        tapi saya masih bingung tentang pengumuman hasil tes PAPs dan ACEPT, diweb UGM tertulis kalau pengumumannya 2 minggu setelah tes, namun mas Aan yang sudah menjalani tes, ternyata sampai 1 bulan lebih belum pengumuman? jadi apakah pengumuman hasil tes tersebut sebenarnya tidak pasti jadwalnya?

  7. Assalamualaikum mas..
    wah,lolos kmaren ya mas..??
    slamatya..
    hehehe..
    ak juga lolos e, tp ak skrg galau..
    wkwkwk…
    Galau krn takut jurusan yg kuambil gk linier krn S1 ekonomi pembangunan dan skrg ambilny manajemen bencana..
    nurut mas,seleksi yg dilakuin DIKTI kira-kira berdasarkan ap y mas..??
    Saya takut ni,takut krn gk linear trus jd gagal beasiswany..
    hehehe..
    klo kmaren pas tes wawancara d jurusan sih bnyak yg lain yg S1 nya ekonomi pembangunan jg..
    tp skrg kok jd khawatir ya krn linieritas..

    • wah saya kurang tahu, kalau logika berfikir saya siy, itu kan S1 nya sepertinya gak ada kan? manajemen bencana? jadi yg dilihat sepertinya nilai akademik, hasil tes kemarin, dan wawancaramu. nah setahu saya lagi juga yg memberikan rekomendasi siapa aja yg dapat beasiswa unggulan sepertinya juga dari UGM, mereka list siapa aja yang layak dapat kemudian dikirim ke DIKTI berkasnya. Ya berdoa aja ya, semoga bisa diterima, akhir Juli sepertinya. aamiin.

      • iya mas, Amiiiinnn…
        semoga sampean lulus juga ya mas..
        klo sy sih hasil Acept sma Paps nya Alhamdulillah lulus smua mas..
        malah saya ikut tes Acept lg dan skornya lumayan, nyampe 350..
        hehehe…
        sampai ktemu d UGM y mas..
        semoga kita semua lulus..
        amiiiiiinnn..

  8. waaaaaaaaaa…
    sy jg lulusan Undip kak, fakultas hukum..
    ni kebetulan tahun ini mw ikut um ugm S2 Magister Ilmu Hukum yg gelombang3 (soalnya wisuda oktober),,
    doakeun yaa moga sy berhasil😀

  9. Ping-balik: Kata Para Blogger Tentang Tes AcEPT UGM « Info TES ACEPT UGM [jadwal, pendaftaran, contoh soal, nilai]

  10. assalamualaikum…sy mau tanya kalau mau masuk pasca sarjana ugm apakah tesnya TPA dan acept? untuk tes masuk minat studi yang dipilih ada atau tidak? trimakasih

  11. assalamualaikum, saya mau tanya. saya berencana ikut ujian S2 UGM, mengambil jurusan fmipa kimia. di website ugm dikatakan ada ujian masuk, ujian masuk itu apakah tes PAPs dan Acept juga atau ada ujian tersendiri yang berbeda dari kedua ujian tersebut. mohon penjelasannya. terima kasih

  12. salam kenal mas, saya surya. calon pelamar cados s2 MTK UGM. saya mau tanya, persyaratan s2 fmipa mtk UGM apa perlu surat rekomendasi dari rektor universitas asal? saya sudah tanya sama admin s2 ugm, beliau jawab belum ada kepastian juga. bagaimana menurt mas aan? jika perlu, bisa nyusul gak buatnya setelah tahu kita lulus di ugm baru dibuat lagi? karena tempat tinggal saya jauh dari universitas asal. sedangkan saya baru balik dari sana. saya kira kemarin syarat ini tidak perlu. jadi tidak saya urus. hanya tinggal satu syarat ini yang mungkin tinggal mas, kalau saya tidak salah lagi.

    • tidak harus mas Ayrus, kalau yang pakai beasiswa memang pakai, tetapi jika tidak pakai beasiswa nggak pakai surat rekomendasi rektor tak masalah, yang penting dua dosen kita yang mengetahui akademik kita saja

  13. assalamualaikum mas, saya mau nanya masalah pendaftaran PAPs UGM, saat mendaftar sy sudah isikan data2 yang ada pada kolom setelah saya klik simpan tidak ada pilihan untuk mencetak kartu yg ada hanya tulisan log out,itu gmn ya mas??

  14. assalamualaikum
    mas anggota FORUM BEASISWA UNGGULAN (CALON DOSEN) DIKTI UGM, perkenalkan sy slh 1 pelamar BPP DN
    sy mau tny ttng um ugm (bsk tgl 2 juni)

    Kalo sy sudah mempunyai legaliser sertifikan tpa dan toefl score diatas standart kan g wajib ikut test… Yang sy tnykan, apakah sy hrs datang pas tes um ugm tgl 2 juni (lokasi ugm), trz pas datang di tmpt tes, sy cuma nunjukin legalisir sertifikan tpa dan toefl ke panitia um ugm bsok? atau bgmn?

    Mohon penjelasannya.. Trmksh

  15. Mas Aan, saya mau tanya gimana klo pas pengumuman baik score Toefl/Accept dan TPA nya tidak mencapai target? Apakah tidak lulus S2 ato lulus tp bersyarat?

    • wah itu kurang tahu kalau dua2nya sampai tidak lolos, beberapa temenku yg diterima biasanya hanya mengulang salah satu alias perbaikan, mungkin bisa diterima kalau nilainya tidak jauh dari standar minimal, jadi nanti keduanya mengulang. good luck🙂

      • aslmkm. mas aan. saya mau tanya. tahun ini saya ikutan beasiswa bu itu. tapi tidak melampirkan surat rekomendasi dr rektor. kira2 peluangnya gimana ya? makasih🙂

  16. assalamualaikum mas, salam kenal sebelumnya..
    dilihat dari cerita mas sepertinya kedua test tersebut bisa kita pelajari dan bisa lulus.. tapi ada yang mau saya tanyakan. apabila skor kedua test tersebut dibawah ketentuan pihak pasca ugm apa kita bisa dinyatakan gagal dan tidak bisa masuk ke uiversitas tsbt. atau ada perbaikan khusus. terimaskasih sebelumnya. wasalamualaikum

  17. Sebelumnya mo ngucapin minal aidin walfaizin, mhn maaf lahir & batin. Met menyambut hari raya Idul Fitri 1434H ya semua…

    Mas Aan, saya mo tanya gimana cara mendapatkan LoA dari UGM?
    Karena alhamdulillah saya sudah lulus/di terima di pasca UGM thn ini, jadi saya bermaksud ingin mengajukan beasiswa BU 2013 yang mana salah 1 persyaratannya harus mempunyai LoA.

    Terimakasih…

  18. mas
    apabila kita sudah memiliki sertifikat paps & acept yg dikeluarkan UGM dan masih berlaku, bagaimana proses seleksi ketika ujian masuknya?

  19. Asalammualaikum, mas saya mau curhat ni. PAPS saya msh blm cukup apa mas Aan pnya referensi buka kumpulan soal2 PAPS?? krn saya cari di bnyk toko buku gak ada yg jual buku yg khusus membahas soal PAPS, kalo buku TPA bnyk, tapi saya pikir TPA dan PAPS nya UGM itu beda…

  20. assalamualaikum, mas. saya mau tanya skor tertinggi acept berapa ya? yg saya baca di beberapa blog, skor tertingginya 426, tp kata mas aan skornya 493 ya? bagi info ya mas? hehe thanks. wslm

  21. assalamualaikum, maaf mas kalau boleh tau utk tes S2 ugm apa ada sistem plus-minus jika jawaban benar-salah ? syukran.

  22. Assalamualaikum
    Wah, lengkap banget. Artikelnya bener-bener membantu mas.
    Saya juga mau daftar PAPS UGM. caranya mencetak kartu ujiannya mas? terimakasih

  23. Assalamualaikum
    Mau tanya mas.. kan ini ceritanya saya pengen dftr s2 jalur lpdp di UGM. Tp krna g punya TOEFL dan di syaratnya kalau g punya TOEFL mau dapat LOA itu kan g pake’ toefl. LOA di sini itu kaya tes accept sama papa t mas?? Mohon infonya Maas makasiiih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s