Dalam Kegamangan Hati; Istikharohlah!

Jiwa seringkali menggalaukan hati. Ketika kau terteguh dalam pilihanmu namun ada cinta lain yang menyapa dari arah yang tak disangka. Kau pun risau tak pernah terpikir dalam dunia akalmu. Maka manakala ada dua cinta yang tersapa dan menyapa maka hanya istikharoh cinta sebagai jalan keluar menuju tuntunan-Nya.

            Maka siapa yang akan menyangka ketika kita mendambakan cinta dari seseorang dalam diam. Ketika telah mempertahankan rasa dalam diam, kemudian ada cinta lain yang menyapamu? Ah tentu hati menjadi risau. Hati menjadi galau.

            Mencinai dan dicintai adalah fitrah manusia. Namun terlalu banyak anak adam yang terlalu disibukan dengan cinta. Ia memberikan yang terbaiknya kepada orang yang dicintainya. Namun kadang para anak adam ini tidak memperhatikan bahwasanya diluar sana ada bidadari-bidadari yang juga sedang memperhatikanya. Ada laki-laki yang terpesona dengan kesholehahanmu. Ada wanita-wanita yang jatuh cinta dengan kesholehanmu.

            Dalam cinta ada kagum yang menjadikan kita menjadi pemberani lantas kita yakin akan menjemputnya. Namun, saat kita telah yakin, saat kita akan melangkahkan kaki kepadanya. Tiba-tiba ada bidadari lain yang datang mendekatimu. Tiba tiba ada pangeran lain yang mengungkapakan dia telah siap menjadi seorang imam. Aku telah siap menjadi imammu, “Maukah kau menjadi teman sejatiku?” tentu jiwa kita kelu. Mana yang harus aku pilih?

            Itulah cinta, rumit! Tak ada rumus dalam cinta yang pasti. Tidak ada campuran kimia yang pasti. Tak ada pula komponen elektron yang paten. Karena kerumitan cinta itulah kita butuh campur tangan Tuhan! Maka hanya menyandarkan kepada Allah hati akan menjadi tenang. Karena sesuatu yang disandarkan kepada-Nya akan mengahadirkan ketenangan hati dan kelapangan jiwa.

            Bisa jadi Allah datangkan seseorang itu untuk menguji kecintaanmu kepada Rabb-mu. Yaitu adakah pengakuan darimu bahwa kita adalah makhluk yang lemah yang membutuhkan campur tangan Tuhan? Untuk mengukur seberapa besar kita melibatkan Allah dalam menentukan setiap pilihan-pilihan dalam hidup kita.

            Maka kesempurnaan cinta terletak pada kemantapan hati dari istikharoh cinta kita kepada-Nya.

11 thoughts on “Dalam Kegamangan Hati; Istikharohlah!

  1. Assalaamu’alaikum warahmatullah wabarakaatuhu…

    Katanya new and simple blog..
    Doesn’t look new at all! MashaAllah… Hayo saling mengunjungi yah😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s