Just be an Inspiring Man!

Dalam mengarungi kehidupan yang sangat panjang ini tentu keberhasilan kita saat ini juga dipengaruhi oleh orang-orang hebat di sekeliling kita. Dari mereka kita belajar berbagai hal. Entah belajar dari hal-hal yang sebenarnya biasa saja atau sampai hal yang sangat luar biasa. Kali ini saya akan menceritakan orang-orang inspiratif yang banyak mempengaruhi kehidupan saya, khususnya saat berada di kehidupan kampus.

Orang pertama yang sangat inspiratif adalah Mas Yudi, mungkin karena beliau adalah orang pertama yang saya kenal secara baik di awal kuliah. Beliau adalah kakak dan sekaligus ustadz bagi saya. Yang saya sangat suka dari beliau adalah kesederhanaan, keistiqomahaan, dan kepeduliaan. Walaupun dalam keadaan yang cukup sulit ia akan berusaha untuk bisa berbagi. Dari beliau saya juga belajar banyak hal tentang agama. Belajar dari syahadatain sampai belajar mencintai dakwah, dakwah sebagai jalan hidup. Ini adalah awal saya masuk dalam barisan orang-orang sholeh-sholehah. Di sinilah awal saya merasakan nikmatnya menjaga pandangan terhadap lawan jenis, dahsyatnya shalat malam, tentramnya hati membaca Al-Quran, nikmatnya puasa senin-kamis, hangatnya ukhuwah atau hanya sekedar membiasakan salam dan bersalaman. Sebuah perjumpaan awal yang mempesona.

Orang kedua yang juga sangat inspiratif adalah ustadz Hadi Santoso. Ustadz ngaji saya yang ke tiga ini adalah pribadi yang sempurna. Hal yang sangat saya kagumi adalah kepeduliaanya kepada dakwah dan santri-santri ngajinya, atau biasanya kami menyebutnya Mutarabbi. Kebaikan dan perhatianya benar-benar membuat saya jatuh cinta dan semakin yakin ada pada jalan ini. selain kepeduliaanya yang teramat luar biasa beliau juga memiliki kepemahaman agama yang sangat dalam. Bisa dibilang dari sekian ustadz saya beliau memiliki kepamahaman yang paling dalam. Setiap pertanyaan dan permasalahan yang saya sampaikan terjawab dan terselesaiakan dengan baik. Dari beliau saya belajar berbagi, belajar peduli, belajar menepati janji, dan belajar-belajar lainya. Bersyukur saya ditakdirkan bisa belajar agama dengan beliau.

Selanjutnya orang yang tak kalah menginspirasi saya adalah Mas Adi Kurnia Wahananto Kakak angkatan saya dua tingkat. Dari beliau saya belajar tentang kesabaran dan ketenangan. Beliau ini termasuk laki-laki yang melankolis. Aduhai hatinya begitu lembut. Lebih lembut dari es krim merk apapun. Selain lembut hatinya, beliau juga termasuk orang yang sangat teliti dan perhitungan. Ah pokoknya saya jamin beliau tidak kalah teliti dan perhitungan dengan para wanita. Pastinya wanita yang menjadi pasanganya kelak akan menjadi wanita paling beruntung berdampingan dengan laki-laki yang lembut hatinya ini ^_^

Orang keempat yang juga inspiratif adalah Mas Tri Wahyudi. Mahasiswa jurusan Teknik Planologi yang mungkin kalian kenal. Betul dia adalah dai muda ANTV. Saya mengenal beliau saat semester tiga. Waktu itu kami berdua mengikuti try out pementor di kampus. Dari peserta yang lain beliau merupakan peserta yang paling vokal dan berani. Kedekatan kami semakin bertambah mana kala dia menjadi wakil ketua bem Fakultas Teknik dan saya menjadi ketua BEM FIB Undip. Di saat itu kita sering bertemu dalam forum-forum BEM. Saya belajar dari dia adalah arti totalitas, semangat, dan optimisme. Puncaknya waktu itu saat dia menjadi ketua tim sukses Pemira salah satu calon dan saya sebagai presiden Partai Andalan (partai mahasiswa). Waktu itu hujan turun begitu lebat dan saya benar-benar merasakan sebuah arti totalitas. Kami berdua berkunjung dari satu fakultas ke fakultas yang lain mengamati proses pemira. Seperti pasangan yang romantis saja. Kita berdua pun basah kuyup dan melupakan segalanya (sampai ujian juga lupa, jangan ditiru ^_^).

Orang kelima adalah Ariyantika Wulandari, teman satu angkatan saya di sastra inggris yang sangat hobi dengan dunia wirausaha. Waktu itu ketika saya diamanahi menjadi ketua BEM dan beliau partner saya menjadi Mentri Ekonomi dan Bisnis. Beliau berinisiatif mengundang pak Ipho Santosa dalam seminar 7 keajaiban Rezeki. Bisa dibilang selama saya ada di BEM FIB selama tiga tahun baru kali itu kita mengadakan seminar di Hotel. Tentu uang yang dikeluarkan tidak sedikit, puluhan juta! Jujur waktu itu saya pesimis (kebetulan saya belum kenal dengan pak Iphho) tapi apa kata soerang Ari? “Insya Allah, bisa an” ternyata benar dia berhasil melaksanakan seminar itu dan surplus! Bukan itu saja beliau termasuk orang yang kritis dan solutif. Bukan sekedar menyalahkan situasi tetapi juga memberikan solusi. Bukan membincangkan permasalahan tetapi memperbincangkan jalan keluar. Great!

Sahabat saya yang paling ganteng di Undip, Syaelendra Persada (Ndra bayar uang sanjungan ya ntar ^_^). Mahasiswa undip pasti kenal baik termasuk wartawan dan pak Alex mantan Kapolda Jateng. (maklum dia ini demonstran tulen, aksi seorang diri yang paling fenomenal di Semarang) Dia adalah teman seperjuangan saya. Saya kira dulu dia kakak kelas saya eh ternyata sama-sama mahasiswa baru. Nama yang punya sapaan lendra ini memang laki-laki paling unik. Dibalik segala kekuranganya (maklum manusia, sayapun juga) sebenarnya dia adalah pribadi yang sangat peduli. Kepedulianya itu seperti ibu ke anaknya. Keren kan? Dia termasuk orang yang gak enakan, jadi lebih suka mengalah biasanya. Selama empat tahun kuliah bersama, kita tinggal bersama dalam satu wisma selama tiga tahun dan hanya ditahun terakhir kita pisah ranjang (pisah wisma maksudnya hehe..). Dulu kemana-mana kita selalu bersama, apalagi acara-acara organisasi. Bahkan hanya beli hp atau beli bubur kacang ijo kita selalu bersama. Pokoknya dia teman paling romantis menurut saya haha..

Orang lain yang juga inspiratif adalah Pandu Wicaksono. Senior sekaligus ustadz guru ngaji saya ini yang sudah punya anak satu bisa dibilang senior yang suka bergurau. Kalau senior yang lain pada pendiam tapi tidak berlaku untuk Mas Pandu. Tapi jangan salah, itu memang cara beliau agar bisa mencairkan suasana dan bisa akrab dengan adik-adkik angkatanya. Alumni sastra inggris Undip 2008 ini bisa dibilang guru organisasi saya. Dari beliau saya banyak belajar bagaimana menyusun dan menggerakan organisasi.

Masih banyak orang yang menginpirasi lainya, katakanlah ada mbak Yucha febria Kusumaningrum (ahlinya menjaga interaksi dengan lawan jenis), ada pula mbak Yenni Mulyati (ahlinya tahfidz Al-Quran), ada pula ahlinya sastra mbak Maya, dan mbak Syajatul Aisyah (ahlinya memberi perhatian ke adek-adek angkatanya), tak lupa mbak Arina Mabrurah (dengan kekalemanya). Mungkin saat ini saya sudah tidak bertemu dengan mereka tapi ilmu kalian masih menempel di hati dan otak saya!

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat. Setiap orang memiliki kelebihan diatas rata-rata sehingga ia bisa menjadi orang yang menginspirasi. Tak perlu banyak kelebihan namun satu kelebihan yang sangat membedakan kita dengan yang lainya, itu sudah cukup untuk membuat kita menjadi pribadi yang menginpirasi dan tentunya bermanfaat. Mereka menjadi bagian sejarah dalam hidup kita. mereka menjadi ejarah keberhasilan perubahan dalam hidu kita. Dan pertanyaanya apakah saya sudah menjadi bagian dari orang lain yang menginspirasi bagi orang lain? bagaimana dengan Anda? Maka jadilah orang yang menginspirasi banyak orang karena itu salah satu tanda bahwa kita adalah pribadi yang bermanfaat. Just be an inspiring man!

4 thoughts on “Just be an Inspiring Man!

  1. pesan buat Aan : buatlah prinsip pada diri ant,, usahakan agar jangan pernah mengecewakan org.. memang kita bukan pribadi yg sempurna, tapi semoga kita senantiasa dapat belajar dari kegagalan. minta maaf bukan sesuatu yang tabu. meminta maaf adalah perbuatan seorang yang berjiwa besar ^_^
    *afwan jika pesannya berkesan asbun (asal bunyi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s