Agar Blog Ramai di Kunjungi; Tips dan Trik Untuk Blogger Pemula

sumber gambar: linksukses.com

Siang ini saya ditanya seseorang dalam suatu obrolan di facebook. Dalam obrolan itu kita saling bertanya tentang dunia tulis menulis. Ada satu hal yang, mungkin, dia  tidak percaya, yaitu umur blog saya yang baru berumur kurang dari tiga minggu. Perlu temen-temen tau bahwa memang umur blog saya baru berumur kurang dari tiga minggu, (17 Februari 2012). Yang mungkin membuat tidak percaya adalah jumlah postingan di blog ini lumayan banyak. Apalagi kunjungan ke blog ini dalam tiga minggu ini telah menembus angka dua ribu, sebuah angka yang tidak sedikit bagi blogger pemula seperti saya ini. Saya sendiri juga tidak menduga sama sekali. Setelah saya piker-pikir apa yang sudah saya lakukan ternyata apa yang sudah saya lakukan menjadi sebabnya, berikut ini saya sampaikan trik-trik bagi para blogger pemula agar Blog kita cepat ramai dan dikunjungi banyak orang.

  • Tentukanlah Jenis Blog anda secara spesifik

Menentukan jenis blog merupakan hal yang sangat mendasar. Apakah blog yang kita buat adalah untuk umum atau hanya sekedar tempat curhatan kita? Jika untuk umum maka gunakanlah tema-tema yang menarik dan spesifik, misalnya saja tema khusus dunia kepenulisaan, dunia teknologi, dunia politik, dunia lingkungan atau dunia-dunia yang lainya. Atau bisa juga kita menggabungkan semuanya, namun jika kita tidak kompeten di semua bidang itu akan membuat kita sendiri yang kewalahan, apalagi seorang blogger dituntut up to date, mengikuti perkembangan yang terjadi. Jika blog kita hanya untuk curhatan kita sendiri maka silahkan tulislah semua hal yang terjadi pada kita dan tulis dengan gaya bahasa yang enak dibaca. Agar bermanfaat baiknya curhatan kita yang ditulis mengandung suatu ajakan, maksud ataupun nilai suatu kebaikan sehingga pembaca tidak merasa sia-sia membaca tulisan kita yang ternyata, mungkin, hanya berisi keluh kesah kita.

  • Tulisalah postingan yang menarik

Postingan yang menarik adalah daya tarik paling kuat agar blog kita ramai untuk dikunjungi. Kebanyakan blog yang ramai memang berisi tulisan-tulisan yang menarik. Hal-hal yang menarik bisa dilihat dari judulnya yang bikin penasaran. Isinya memiliki unsur yang berbeda dengan postingan-postingan yang lain, memiliki unsur kebaruan dan memberikan kemanfaatan bagi pembaca setelah membacanya, seakan-akan pembaca blog mendapatkan suatu ilmu baru dari tulisan-tulisan kita. Sebenarnya tidak harus sebuah postingan tulisan, bisa juga kita hanya memposting gambar, video atau aplikasi-aplikasi yang bisa di download oleh pengunjung.

  • Bergabunglah atau kunjungilah blog-blog tetangga

Siluturahmi itu memperbanyak saudara. Kurang lebih begitu kata bijaknya. Jika kita blogger pemula maka sempatkanlah kita untuk mampir di blog lain. Dan sempatkanlah berkomentar di blog tetangga itu dan jangan lupa sampaikan,”mampir di blog saya juga ya ^_^”. Dari blog tetangga kita akan mendapatkan hal-hal baru seperti tampilan blog yang menarik, aplikasi yang lucu, postingan yang menarik, dan hal lainya. Nah hal-hal yang seperti ini akan bermanfaat buat blog kita baik manfaat dari isi dan tampilan blog ataupun kunjungan dari blogger yang kita kunjungi. Bahkan biasanya ada beberapa blogger yang memberikan saran terhadap blog kita atau hanya sekedar memberikan motivasi untuk terus menulis.

  • Gunakan media sosial yang kita miliki

Media sosial adalah sarana paling efektif untuk memperkenalkan blog kita. Kita bisa memberitahu di update statuse kita, baik di facebook, twitter, flick, yahoo, google, dan yang lainya, gunakanlah semua fasilitas itu. tak masalah kita akan mendapatkan kata-kata yang tidak sedap seperti “wah pamer blog”, wah alay banget siy, dan wah-wah yang lain, ibarat pepatah biarkan Anjing menggongong kalifah berlalu. Saya yakin banyak juga temen-temen kita yang mengapresiasi usaha kita dalam menulis di blog.  Jika kita yakin tulisan kita bagus dan bermanfaat sebarkanlah dan jangan ragu-ragu. Karena setiap tulisan yang baik dan mengajak pada kebaikan akan dinilai sebagai suatu amalan ibadah.

  • Postinglah dari tulisan grup tetangga dan kiriman teman

Jika kita merasa tulisan kita masih biasa dan isinya pun terkesan biasa-biasa saja, kita bisa memanfaatkan tulisan blog tetangga ataupun dari media yang lain. Mintalah izin pada blog tetangga untuk ikut menshare tulisanya. Nah kita paste di blog kita dan jangan lupa tetap tuliskan sumber darimana tulisan kita ini. Yang perlu kita lakukan cukup carilah tulisan yang bagus dan menarik dari blog-blog tetangga itu. tidak harus tulisan-tulisan yang fiksi, kita bisa mencantumkan berita-berita yang bermanfaat seperti info beasiswa dan info penting lainya. Hal lainya adalah kita memberikan kesempatan pada pengunjung ataupun teman kita untuk berbagi tulisan-tulisanya.

  • Tampilan blog yang menarik

Tampilan blog juga tak kalah penting. Bagaimana pembaca nyaman dengan tampilan blog kita. Minimal untuk membaca tulisan kia tidak merasa kesulitan. Jangan sampai gara-gara pemilihan warna yang tidak tepat mengakibatkan tulisan kita susah dibaca, padahal tulisan yang kita posting itu cukup menarik. Hal yang lainya kita juga bisa menambahkan aplikasi-aplikasi lain yang menarik dan unik.

  • Tawarkanlah suatu kemanfataan dari blog kita selain tulisan-tulisan kita

Kita bisa menggunakan aplikasi download yang sudah tersedia di blog, sediakanlah sesuatu yang gratis dan bermanfaat untuk orang lain yang bisa diunduh secara gratis. Jika blog kita berisi tentang dunia kepenulisan berikanlah unduhan-unduhan yang menarik dan bermanfaat untuk pembaca, misalnya Novel best seller dalam bentuk PDF dan yang lainya, atau jika kita memiliki blog tentang dunia teknologi sediakanlah unduhan-unduhan yang berkaitan dengan teknologi terkini.

Mudah-mudahan yang sedikit ini bisa bermanfaat untuk kita semua, selamat menulis, selamat menjadi blogger, dan selamat berkreasi, good luck.

48 thoughts on “Agar Blog Ramai di Kunjungi; Tips dan Trik Untuk Blogger Pemula

  1. mantap sob tipsnya, sangat membantu khusunya buat blogger newbie seperti saya.. thanks ya.

    jika ada waktu tlng main2 ke blog saya..disana saya share aplikasi2 symbian s60v2

  2. Info yang bagus,tapi saya masih belum mengerti banyak tentang blog tolong kunjungi blog saya jika sempat dan beri saran :

    http//: pengetahuandancerita.blogspot.com/

    ^_^
    saya butuh saran dan masukan sebagai pemula

  3. assalamualaikum maaf ganggu numpang lapak gan.BENJAMIN = 245 rb
    SHARP INOVA mini = 260 rb
    SHARP INOVA kayu = 300 rb
    SHARP ACE = 335 rb
    SHARP INOVA Fiber = 360
    SHARP HAMMER = 385
    Tiger SHORT Truglo = 600rb
    Tiger LONG Truglo = 760rb
    Gejluk= mulai dari 900rb
    Pcp=mulai dari 1.5jt
    Senapan 5.5 mulai dari = 650rb. Dll. Kami juga menyediakan macam mimis 4.5 dan mimis 5.5 dan spare part yg murah2. Di tunggu order nya gan. Ini hp saya gan 083821320268

  4. benar sekali gan dan yang paling penting adalah template seo friendly atau lebih baik lagi kalo original buatan sendiri dan mengenai kata kuncinya juga sesuai dengan yang di analisis.😀 sukses selalu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s