Survei: Rakyat Indonesia Paling Bahagia Sedunia

Walaupun umum terdengar warga Indonesia banyak mengeluh tentang kondisi negaranya dan menganggap bahwa rumput di negara lain lebih hijau, sebuah survei global menunjukkan sebaliknya. Warga Indonesia adalah warga paling bahagia di dunia dengan 51 persen responden yang diwawancara mengatakan bahwa mereka “sangat bahagia”.

Walaupun angka ini yang tertinggi di dunia, Indonesia mengalami penurunan sebanyak tujuh point dibanding survei yang sama di tahun 2007.

Survei ini diadakan oleh Ipsos, sebuah perusahaan riset global, dan melibatkan 18.687 orang dewasa berusia 18-64 di Amerika Serikat dan Kanada, dan usia 16-64 di semua negara lainberpartisipasi dalam jajak pendapat yang di lakukan dari 1 November hingga 15 November 2011 di 24 negara untuk sebuah majalah ‘What makes You Happy’. Survei ini adalah sebuah tolak ukur yang mengidentifikasi kedalaman komparatif dan intensitas kebahagiaan antar warga negara di dunia.

Restu Handayani, juru bicara Ipsos di Indonesia mengatakan dalam siaran persnya hari ini, menyatakan angka 51 persen itu tertinggi dibanding negara-negara lain, yang pada umumnya hanya sekitar 22 persen warga di negara-negara lain yang disurvei dan mengatakan mereka ‘sangat bahagia’ dengan hidup mereka.

“Bila ditambah dengan responden Indonesia yang menjawab bahwa hidup mereka “cukup bahagia”, persentase warga Indonesia yang merasa bahagia dengan hidupnya bisa meningkat menjadi 92 persen,” ujar Restu seperti ditulis laman beritasatul.com, Selasa (14/02).

Dalam skala per negara, warga India dan Meksiko menempati posisi kedua sebagai warga yang sangat bahagia dengan 43 persen, diikuti oleh Brazil dan Turki dengan 30 persen, Australia dan Amerika Serikat dengan 28 persen.

Dengan krisis dan kebijakan pengetatan keuangan yang melanda Eropa, tidak mengejutkan bahwa warga negara-negara Eropa mempunyai persentase rendah dalam hal warga yang merasa sangat bahagia.

Hanya 13 persen warga Italia yang merasa sangat bahagia, dan persentase itu lebih rendah di Spanyol (11 persen) dan Hungaria (6 persen). Angka ini terus menurun di warga Korea Selatan dan Rusia, yang masing-masing hanya 7 persen dan 8 persen dari warganya merasa sangat bahagia.

Hasil survei ini juga menunjukkan bahwa mereka yang sudah menikah (26 persen) merasa ‘sangat bahagia’, dan tampaknya menjadi kelompok paling bahagia bila dibandingkan dengan semua kelompok demografis lainnya, terutama mereka yang belum menikah (18 persen). Bahkan jika dibandingkan dengan hasil jajak pendapat yang sebelumnya, ketika responden diminta untuk mempertimbangkan segala aspek.

Selain itu, responden survei juga menilai bahwa kondisi dunia saat ini lebih baik dan menjadi tempat yang menyenangkan dibandingkan sebelumnya, terlepas dari krisis keuangan dunia yang terjadi saat ini.

Penulis: Ismira Lutfia/ Angelina Donna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s