Jurus Jitu Menulis Artikel

Struktur Artikel

Sebelumnya dalam blog ini sudah diposting bagaimana menulis artikel yang baik. Pada kesempatan kali ini, saya mencoba merangkum beberapa struktur dalam artikel. Mungkin bagi yang sudah terbiasa menulis artikel ini adalah hal yang biasa-biasa saja. Namun bagi pemula seperti saya, baru menulis beberapa artikel saja, tentu sangat bermanfaat apalagi yang statusnya masih seorang mahasiswa. Biasanya ada pertanyaan begini; “artikel tuh yang gimana sih, gak ngerti  deh”. Nah lebih lengkapnya mari kita bahas bersama-sama.

Dalam artikel ada empat bagian penting yaitu Judul, Entry point (pembuka), isi, dan penutup.

  • Judul

Jangan remehkan judul. Ini adalah kesan pertama apakah orang lain tertarik membaca artikel anda atau tidak. Judul yang menarik dan menyita banyak perhatian itulah judul yang bagus. Beberapa poin penting dalam menulis judul ialah pertama, judul yang baik adalah singkat artinya apa? Dengan jumlah kata yang sedikit tetapi sudah menggambarkan isi dari artikel tersebut. mengutip pernyataan Agus M Irkham (Pakar Literasi Indonesia) saat memberikan kuliah di Gajah Mada Writer University yang menjelaskan bahwa judul yang baik adalah kurang dari empat huruf. Syukur-syukur kalau bisa kata Beliau berjumlah tiga kata saja. Misalnya dalam artikel beliau yang terbit di surat kabar Tempo beberapa waktu lalu (Januari) yang berjudul “Membaca Atau Mati”. Kedua, judul yang baik adalah padat, artinya gunakanlah kata yang berisi dan berbobot yang merepresentasikan artikel Anda. Seperti contoh di atas adalah kata membaca dan mati dimana dua hal yang sangat kontras dan pembaca paham secara deskriptif apa itu membaca dan apa itu mati. Ketiga, Judul harus relevan, artinya judul harus mempunyai relevansi (keterhubungan dan kenyambungan) dengan isi dari artikel. Terakhir, gunakanlah judul yang provokatif. Dengan judul yang provokatif maka semaikn mengundang keingintahuan atau penasaraan dari pembaca.

  • Paragraf Pembuka

Sebagian orang akan tertarik membaca pada paragraph awal. Jika paragraph awalnya sudah menarik maka pembaca akan melanjutkan membaca artikel kita namun kalau tidak menarik maka akan ditinggal ke halaman lain oleh pembaca (dalam media massa). Jadi gunakanlah paragraf awal sebagai pengikat hati pembaca. Untuk menarik pembaca gunakanlah kutipan-kutipan berita atau peristiwa yang terjadi untuk menguatkan rasa penasaran pembaca. Anda juga bisa menggunakan kutipan pernyataan seseorang (pernyataan dalam buku, media, dan yang lainya) sebagai penguat apa yang anda tulis.

  • ISI

Isi harus bisa menjelaskan duduk permasalahan yang akan dibahas. Selain itu, harus berkolerasi dengan entry point di awal. Isi bisa berisi tafsiran, analisis, dan penjelasan. Dalam mengunkapkan tema yang sedang kita tulis jabarkanlah fakta, teori, dan data serta realita di lapangan. Jelaskanlah secara runtun sehingga pembaca bisa mengerti dengan mudah. Anda juga bisa menggunakan acuan-acuan dari artikel-artikel sejenis sebagai referensi anda, usahakan sebanyak mungkin, sehingga pembahasan akan lebih komprehensif dengan melihat sudut pandang yang banyak. Tapi tentunya kita berhak dan sah-sah saja memiliki kecenderungan hanya dengan salah satu referensi Anda.

  • Penutup

Hasil dari isi sampaikanlah lagi dalam penutup. Pertegaslah dan kemudian berikanlah solusi anda jika artikel yang anda bahas adalah sebuah permasalahan yang membutuhkan penyelesaian.

 

Pada kesempatan yang lain nanti kita coba bahas bagaimana trik jitu biar artikel kita bisa dimuat di surat kabar, sekarang mulailah untuk menulis artikel, selamat mencoba ^_^

4 thoughts on “Jurus Jitu Menulis Artikel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s