Bagaimana Menulis Artikel Yang Baik?

Artikel adalah tulisan yang mengupas sebuah tema berdasarkan data dan fakta. Tulisanya biasanya lebih bersifat Explanatory yaitu berupa penjelasaan-penjelasaan berdasarkan tema yang ditulis. Selain itu dalam artikel yang baik adalah menggunakan unsur kebaruan yaitu ada hal-hal baru dalam tulisanya baik dari datanya atau tema yang ditulis.

  • Mengapa Artikel

Menulis artikel bisa dikatakan gampang-gampang susah. Gampang kalau kita kompeten atau mengerti secara mendalam tema yang diangkat baik dari fakta, teori, dan temuan-temuan dilapangan. Dibilang susah jika kita tidak kompeten dibidang tersebut. Walaupun sebenarnya hal ini bisa diinisiatifkan dengan mencari dari sumber-sumber  lain secara cepat, lewat internet tentunya. Kenapa harus menulis artikel? Menurut hemat penulis menulis artikel adalah hal yang tidak menguras banyak waktu. Bisa dibilang menulis artikel tidak perlu nafas panjang-panjang alias media untuk pemanasan kita sebelum menulis buku. Ibarat akan bertanding olahraga maka kita butuh pemanasan agar tidak terjadi kram nah begitu pula dengan menulis artikel. Menulis artikel bisa melumasi otot-otot kita agar tidak kram sebelum menulis buku yang tebalnya ratusan itu. Selain manfaat di atas, secara soiologis kita akan mendapatkan kepuasaan ketika artikel kita bisa diterima oleh surat kabar ataupun media massa yang lain. Sehingga eksistensi kita bisa diakui dan tentunya bisa menambah catatan dalam curriculum vitae. Lebih-lebih hasil menulis dari artikel sangat cepat bisa diketahui.

Apa saja sebenarnya modal untuk menulis artikel?

  • Kompetensi

Artinya hal yang kita kuasai secara mendalam dari teori, fakta dan data, serta temuan-temuan dilapangan. Misalnya, kalau kita seorang mahasiswa sastra jawa maka kompetensi kita adalah tentang sastra jawa. Atau kalau kita seorang guru maka kompetensi kita adalah dalam bidang kependidikan atau subjek pelajaran yang ia ajarkan.

  • Menulis secara teratur

Ingat menulis adalah latihan bukan bakat! Bakat 1% dan latihan adalah 99%. Menulis artikel berarti kita harus terbiasa menulis yang baik. Artinya mengikuti kaidah berbahasa yang baik yaitu menerapkan bagaimana menggunakan tanda baca yang baik, imbuhan, peminjaman kata, dan lain-lain. Semua sudah ada ketentuanya. Oleh karena itu, dibutuhkan ketlatenan agar kita terbiasa dengan kaidah-kaidah bahasa Indonesia.

  • Kaya referensi

Dengan ditunjang referensi atau sumber lain dari apa yang kita tulis akan mempermudah kita dalam menulis artikel. Artikel kita akan lebih berbobot dan variatif dengan melihat banyak perspektif dari referensi-referensi yang kita abaca.

  • Gaul dan mengikuti tren

Artikel yang baik adalah mengandung unsur kebaruan dan mengikuti fenomena-fenomena paling mutakhir. Sehingga tulisan kita tidak dibilang jadul, ketinggalan zaman, atau orang lain akan berkomentar: “udah dari dulu kali” oleh karena itu agar tulisan kita bisa ditermia maka tuliskanlah unsure-unsur kebaruan. Baik dari aspek isi ataupun gaya bahasa yang dipakai.

2 thoughts on “Bagaimana Menulis Artikel Yang Baik?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s