Tiga Alasan Menulis

Ekonomis

Ekonomis artinya tujuan kita menulis adalah mendapatkan uang alias kekayaan dari hasil kita menulis. Biasanya untuk penulis awal niat bermula karena keuangan. Misalnya saja mahasiswa, mereka menulis karena ingin mendapatkan tambahan uang dari aktivitas ini. Satu kiriman ke surat kabar adalah 200.000-400.000 rubiah, lumayan kan buat nambah-nambah uang saku.

Sosiologis

Sosiologis artinya tujuan menulis hanyalah sebatas ingin terkenal atau ingin diakui eksistensinya oleh masyarakat luas. Mungkin untuk orang-orang awam seperti kita, tidak munafik, pasti sangat menginginkan juga terkenal karena tulisan-tulisan kita. tetapi tujuan menulis karena factor sosiologis ini sangat sempit dan mudah membuat kita merasa puas.

Ideologis

Ideologis artinya kita menulis karena tujuan kita ingin menyampaikan hal-hal dari sudut pandang kita akan suatu kebaikan. Pada tahap ini, orang-orang yang menulis karena factor ideologis ini adalah tataran paling mulia. Bagi mereka uang atau ketenaraan karena menulis bukanlah apa-apa, tetapi nilai baik atau amalan kebaikan dari hal yang kita tulis adalah lebih berarti. Mereka akan puas karena nilai-nilai kebaikanya bisa tersampaikan ke khalayak umum. Apalagi nilai kebaikan ini tidak akan putus walaupun sang penulis sudah meninggal.

“Tiap tetes tinta seorang penulis yang menyerukan kebenaran akan dinilai sama dengan tiap tetes darah seorang syuhada” (Al-Hadist)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s