Apa Itu Tulisan Non Fiksi?

Tulisan non fiksi berisi pokok gagasan yang berdasarkan data (worthly opinion based on data). Bahasa yang digunakan lebih simple dan tidak hiperbola seperti karya-karya fiksi. Tulisan non fiksi menggunakan bahasa Indonesia yang baik dengan memperhatikan kaidah baca tulis. Dengan kata lain tulisan non fiksi adalah lebih ilmiah, semua berdasarkan data dan fakta yang ada, bukan sekedar opini pribadi. Beberapa jenis tulisan non fiksi:

  • Artikel: tulisan yang mengupas sebuah tema berdasarkan data dan fakta. Tulisanya biasanya lebih bersifat Explanatory yaitu berupa penjelasaan-penjelasaan berdasarkan tema yang ditulis. Selain itu dalam artikel yang baik adalah menggunakan unsur kebaruan yaitu ada hal-hal baru dalam tulisanya baik dari datanya atau tema yang ditulis.
  • Kolom adalah artikel (tulisan pendek) di koran dan majalah yang mengupas persoalan tertentu. Tulisan yang dibahas adalah yang sedang marak dibicarakan oleh khalayak umum dan menjadi fenomena paling actual.
  • Esai adalah tulisan yang cenderung sastrawi, lebih panjang dibandingkan kolom—bertujuan untuk mengungkapkan sudut pandang pribadi penulisnya. Perbedaan dengan artikel adalah dalam esai penulis mengungkapkan pendapatnya berdasarkan data atau fakta dilapangan tentang sebuah fenomena.
About these ads

2 thoughts on “Apa Itu Tulisan Non Fiksi?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s